Cerita Perjalanan Star Party 2, Pulau Pari 7-9 Juni 2013

• Cerita Perjalanan dari Atala - 8 Tahun
Ingatan Atala di Pulau Pari

Atala. Kredit : Wiwiet

Pada tanggal 7-8-9 Juni 2013, Atala pergi ke pulau pari bersama mama dan kakak-kakak dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ).

Atala ke pelabuhan. Naik perahu ke pulau pari, pemandangannya disana bagus. pas nyampe, Atala langsung ke homestay buat 3 hari. Yang baru datang itu hari ke satu. Ini hari kesatu yang lagi aku omongin. hehehe. Aku abis itu lihat-lihat rumahnya sambil makan popmie goreng. ehehehe.

Makan Siang di Penginapan. Kredit : HAAJ

Malamnya, hari kesatu mengamati milky way, keliatan banget, tapi ga begitu bagus, keliatan kayak awan biasa. Aku ketemu duluan, pas aku baru lihatin aku lihat meteor di titik mataku, kayak diatas kepalaku. Aku lihat, tapi aku ga bilang tadi.trus aku mainin green laser, abis itu belajar tentang rasi bintang sama kak Azis dan Kak Dedy.
Subuhnya, ceca dan aku mau jalan-jalan, aku tanya mama dan ceca nanya mamanya ceca, tanyain kalau boleh jalan-jalan ga? katanya boleh. pas baru mau keluar dari pintu, Ali kepengen ikut. Jadi pergi bertiga deh. trus jalan-jalan ke pantai pas kita keluar dari tempat gapura. Pas balik lagi ke dalam gapura, langsung nyasaaaarrrr....!!!! abis itu bolak balik muter muter terus cari homestay cowok sama cewek. Abis itu pas ketemu homestay cowok, ceca ajakkin kakak-kakaknya, aku tungguin diluar. Pas cecanya balik lagi, katanya kakaknya keliatan capek banget, ya udah, jadi bertiga aja mau ke pantai. Tapi ini cerita pas Alinya keluar dari rumah homestay tapi masih di dalam pagar. Abis itu, kita mau ke homestay cewek, kita lewat jalan yang salah, Ali lewat jalan yang bener. Ali keliatannya kayak mau lari, Ceca lihatnya langsung bilang, "eh, itu (ali) beneran lho mau ke pantai sendiri!" kita kejarin Ali sampe ke homestay cewek. Aku dibelakang banget, cecanya udah mau tangkap Ali, tapi homestay ceweknya udah keliatan. Pas aku baru mau ke cecanya, ceca katanya "Eh, kita bodoh!" soalnya, Alinya ke homestay cewek, jadi kita ga jadi nyasar lagi. Pas udah ke homestay cewek, capek banget, ya udah kita istirahat aja, tiduran. (engga tidur ya). Aku main iPad sampe mamanya agak segeran buat keluar dari kamarnya. Abis itu ajakkin solat subuh. Abis solat, Aku main iPad.

Belajar bersama dengan SD Satu Atap Pulau Pari
30 menit kemudian, udah pagi. Aku taroh iPadnya, abis itu kakak-kakak ajakkin ceca jalan-jalan, abis itu kakak-kakak dan ceca ajakkin aku, aku bilang iya. kita jalan-jalan ke pantai. Itu cuma ingatanku doang.

What I have learned:
1. I learn that if we want to see milky way, it needs to be completely dark
2. I learn that if we want to see planets, asteroid, stars, comet, etc. we need to wake up very early in the morning
3. I learn to tell the difference between star and planet. Planet doesn't flick on and off.

Morning 1 - arrive on the dock
Day 1 - stories on the boat
Dawn 2 - Milky Ways
Morning 2 - complicated problem
Day 2 - going the beach
Night 2 - stay up late
Dawn 3 - the missed observed event
Day 3 - banana boat time
Afternoon 3 - arrived home
SPECIAL - things that i got to do
The one that i wanted to do in the workplan

Fakta star party 2 (Twitter)

@wietski: Atala plg sedih malam terakhir ga jadi pengamatan krn langitnya ga cerah n workplan atala ga komplit #FaktaStarParty2 @haaj84

@wietski: Atala suka kak @fahmiami krn suka bcanda,kak @RayhanCygnus suka jelasin astronomi n kak azis jg krn jelasin rasi bintang @haaj84 #StarParty2

@wietski: Yg plg berkesan buat atala itu playing on the beach sama jalan-jalan sama kakak2 @haaj84 #StarParty2 #Atala8thn

@wietski: atala suka pas gali2 cari mata air sama ceca di pulau pari #starparty2 #Atala8thn @haaj84 @rakenasri

@wietski: yg atala paling suka itu adl tempat2 di pulau pari dan pengamatannya pas langit cerah #StarParty2 #Atala8thn @mellakamal @haaj84 @rakenasri

• Cerita Perjalanan dari Husayn - 7 Tahun
Assalamualaikum kakak, ini laporan Star Party Husayn di Pulau Pari

Husayn (tengah).

Ali (Adiknya Husayn)

Aku dari rumahku ke muara angke naik bus TransJakarta, naik angkot ke Pelabuhan lalu aku naik perahu  menuju pulau pari, di perahu aku main-main aku sama kak rayhan melihat pulau-pulau aku melewati pulau yang berpenghuni dan tak berpenghuni aku melewati Pulau Rambut, Pulau Bidadari dan  Pulau lain-lainnya.

Sampai di Pulau Pari kita menuju homestay kami makan siang, lalu kami belajar membuat planet-planet bersama anak SD, kami juga melihat matahari melalui teleskop yang di bawa dari Jakarta, dari teleskop kami bisa melihat ternyata di matahari ada kotoran yang biasa disebut Sunspot.

Aku malam ke satu melihat Milky Way, Milky Way nya jelas sekali aku melihat Vega, Saturn, Scorpio, Sagitarius, bintang segitiga dan lain-lainnya. Husayn mau malam selanjutnya bisa melihat Milky Qay, pas malam ke dua langitnya mendung aku sedih.

Teman-teman dan Kakak-kakak HAAJ pasti sudah tau si Bibby takut sama kepiting, Husayn kasih aja padaha kepitingnya suda mati .

Aku  pagi-pagi nyari kerang, kalau mamah tugasnya daftarin banana boat, untuk Husayn, Ceca, Papah, Atala dan Om ami, enak loh Husayn entar abis lebaran mau kesana, Husayn melihat orang di pulau pari ada yang kena bulu babi.

Siang kami siap-siap pulang ke jakarta, di perahu aku main-main, terus aku mencium
bau sampah, aku mikir kenapa? aku langsung ingat mau sampai jakarta, sampai di jakarta kita foto foto sama kakak-kakak haaj

terimakasih semuanya sudah menemani husayn selama 3 hari pengamatan di pulau pari

Assalammualikum Wr Wb Teman-Teman

• Cerita Perjalanan dari Bibby
Bibby
Bibby senang sekali di pulau pari karena banyak kepiting dan patrick (bintang laut). Dan Bibby senang ada kakak-kakaknya dan Bibby juga senang ada teman-teman Bibby. Dan teman-temannya Bibby itu namanya Husayn,Atalla dan Ali. Waktu malam,Bibby liat bintang-bintang dan Bibby senang arena bintangnya banyak. Dan ada rasi sagitarius. Trus Bibby belajar peta bintang sama kak Dedy. Siang-siang Bibby main di laut sama ka Indra,ka Ami,ka Ria dan ka Fitri. Bibby senang main di laut dan senang naik kapalnya dan  Bibby senang malamnya main sama kakak-kakaknya.

Terimakasih kakak-kakak

Salam
Rakean Syabil Haikal Ali Wisesa

*tulisan ini diketikin bundanya,tapi isinya murni dari Bibby.

--------------------------------------------------

Sampai bertemu kembali di Star Party berikutnya Tanggal 7-8 September 2013 di Observatorium Bosscha.

Organized by :
Himpunan Astronomi Amatir Jakarta
d/a Planetarium dan Observatorium Jakarta
Jalan Cikini Raya No. 73
Jakarta Pusat

Twitter : @haaj84
Facebook : Himpunan Astronomi Amatir Jakarta

Contact Person :
Humas : Indra Firdaus (+6281905542205)
Pin BB : 2A6C8024

No Response to "Cerita Perjalanan Star Party 2, Pulau Pari 7-9 Juni 2013"